Pengantar Manajemen

Pendahuluan

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah suatu ilmu, seni, dan cara.

  • Menurut Luther Gulick, manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja untuk mencapai tujuan.
  • Menurut Marry Parker Follet, manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain [the art of getting done through people]
  • Menurut James A F Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan sumber daya organisasi dengan bantuan alat untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian organisasi

Organisasi adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama menurut aturan-aturan tertentu untuk tercapainya tujuan tertentu.

4 alasan dibentuknya organisasi:

  1. Organisasi melayani masyarakat, merupakan lembaga sosial dan harus dikelola dalam batas tata nilai dan kebutuhan yang dapat diterima secara kultural.
  2. Organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan, pengelola organisasi menjalankan fungsi esensial yaitu mengkoordinasi sumber daya serta usaha dari individu dan kelompok untuk mencapai tujuan.
  3. Organisasi melestarikan pengetahuan, membantu kelangsungan ilmu pengetahuan yang telah tercatat dalam peradaban kita serta mengefisienkan cara-cara untuk melakukan sesuatu.
  4. Organisasi merupakan tempat berkarir, merupakan sumber kehidupan bagi individu dan kelompok, bahkan untuk mendapatkan kepuasan serta pemenuhan kebutuhan diri seperti berkarir dan sebagainya.

Alasan mengapa manajemen diperlukan

Manajemen diperlukan oleh organisasi dan siapa saja yang melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan.

Ada 3 alasan mengapa manajemen diperlukan:

  1. Untuk mencapai tujuan organisasi dan individu.
  2. Untuk menyeimbangkan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang saling bertentangan dari berbagai fihak yang berkepentingan dari dalam dan luar organisasi, seperti pemegang saham, karyawan, pelanggan, pemasok, serikat pekerja maupun pemerintah.
  3. Untuk mencapai kinerja organisasi secara efisien dan efektif.

Menurut Peter Drucker, keberhasilan organisasi tergantung pada kinerja manajerial yang dapat diukur berdasar konsep efektifitas dan efisiensiEfektivitas lebih penting dari efisien, karena bagi manajer melakukan pekerjaan yang benar lebih penting dari melakukan pekerjaan dengan benar.

  • Efektivitas adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang benar.
  • Efisiensi adalah kemampuan menyelesaikan pekerjaan dengan benar.

Proses Manajemen

Menurut James A F Stoner, fungsi manajemen adalah:

  1. Perencanaan [Planning], proses penetapan tujuan dan serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan;
  2. Pengorganisasian [Organizing], proses pengaturan dan pengalokasian pekerjaan, wewenang, dan sumber daya organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien;
  3. Pemimpinan [Leading], proses mengarahkan, mempengaruhi, memotivasi, dan berkomunikasi dengan karyawan untuk melaksanakan tugas pokok organisasi;
  4. Pengendalian [Controlling], proses membandingkan hasil yang ingin dicapai dengan standar yang telah ditetapkan dan bila perlu diberlakukan tindakan perbaikan.

… to be continued.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: