Manajemen Keuangan

MANAJEMEN KEUANGAN

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN

Manajemen keuangan membahas tentang merawat dan menciptakan nilai ekonomi [economic value] atau kekayaan ekonomi [economic wealth].

Manajemen keuangan juga berarti seni dan ilmu pengetahuan dalam mengelola uang [the art and science of managing money].

TUJUAN PERUSAHAAN

Dalam manajemen keuangan, tujuan perusahaan yang paling populer adalah perusahaan idealnya memaksimalkan shareholder wealth.  Hal ini berarti memaksimumkan harga saham biasa perusahaan yang telah beredar.  Shareholders adalah para pemegang saham perusahaan, mereka adalah pemilik legal dari perusahaan.  Tujuan ini bukan hanya memperhatikan kepentingan shareholder tetapi juga memberikan manfaat terbesar bagi masyarakat.

Dalam mata kuliah ekonomi mikro, biasanya tujuan perusahaan adalah memaksimumkan keuntungan.  Dalam ekonomi mikro fungsi maksimum keuntungan adalah konsep teoritis yang digunakan untuk membuktikan bagaimana suatu perusahaan bertindak rasional atas kenaikan keuntungan.  Ada beberapa detil yang tidak dibahas dalam konsep maksimum keuntungan, yaitu:

  • Time frame.  Berapa lama jangka waktu keuntungan maksimum tersebut diiperoleh.
  • Ketidakpastian dan risiko.
  • Mengabaikan timing imbal hasil suatu proyek.
  • Keuntungan biasanya dihitung dengan metode akuntansi.  Manajemen keuangan mempunyai pandangan yang berbeda mengenai seberapa penting keuntungan akuntansi [yang akan dibahas kemudian].

Tujuan perusahaan untuk memaksimumkan shareholder wealth adalah modifikasi dari tujuan memaksimumkan keuntungan, dengan memasukkan kompleksitas lingkungan operasi kompleks.

CORPORATE GOVERNANCE

Sistem yang digunakan untuk mengarahkan dan mengawasi suatu perusahaan dikenal dengan nama corporate governance.  Corporate governance menjelaskan hak dan kewajiban dari key corporate participant seperti: shareholders, board of directors, officers, dan manajer, stakeholders, hukum dan prosedur yang digunakan dalam mengambil keputusan perusahaan.

MANFAAT BELAJAR MANAJEMEN KEUANGAN

Pemahaman tentang konsep, teknik, dan praktik manajemen keuangan dalam mata kuliah ini akan memberi gambaran pada Anda tentang tugas dan keputusan dari manajer keuangan.

Mata kuliah manajemen ini memfokuskan pada pengambilan keputusan keuangan yang menuju pada penciptaan kekayaan, seperti kapan saat: produk baru dipasarkan; berinvestasi, mengganti aset yang ada, meminjam dari bank, menerbitkan saham atau obligasi, memperpanjang kredit, berapa banyak kas yang harus tersedia, dan lain-lain.

BENTUK PERUSAHAAN

  • Sole proprietorship [perusahan perseorangan]
  • Partnership
  • Corporation [perusahaan terbatas]

PELUANG KARIR DALAM KEUANGAN

secara garis besar dapat dibagi dalam: jasa keuangan, managerial finance, dan financial manager.  Secara spesifik karir dalam managerial finance, antara lain adalah: financial analyst, capital expenditure manager, project finance manager, cash manager, credit analyst, pension fund manager, foreign exchange manager.

TUGAS MANAJER KEUANGAN

Vice President for Finance atau disebut juga Chief Financial Officer [CFO] bertanggung jawab atas financial planning, corporate strategic planning, dan controlling cash flow perusahaan.  Treasurer dan controller bekerja di bawah CFO.  Treasurer bertanggung jawab antara lain atas manajemen kas dan kredit, membuat keputusan atas capital expenditure, mencari dana, perencanaan keuangan, mengelola mata uang asing yang diterima perusahaan.  Controller bertanggung jawab atas tugas yang berkaitan dengan akunting perusahaan, termasuk membuat laporan keuangan, cost accounting, membayar pajak, dan lain-lain.

Tiga kegiatan utama dalam keuangan adalah:  kegiatan operating, kegiatan financing, dan kegiatan investing.

INTERAKSI PERUSAHAAN DAN PASAR KEUANGAN

Interaksi antara perusahaan dan pasar keuangan dijelaskan aliran sebagai berikut:

  1. mula-mula perusahaan mencari dana di pasar keuangan dengan menjual sekuritas, misalnya saham atau obligasi;
  2. dana yang diperoleh dari menjual sekuritas diinvestasikan perusahaan di aset yang menghasilkan kas, misalnya diinvestasikan di proyek investasi baru; dan
  3. arus kas yang diterima dari aset tersebut dapat dipergunakan untuk: dikembalikan pada investor dalam bentuk dividen atau pembayaran bunga, diinvestasikan kembali dalam kegiatan perusahaan, untuk membeli saham, dan lain-lain.

Hal-hal yang harus dipelajari di Manajemen Keuangan adalah:

  1. 10 Prinsip Manajemen Keuangan
  2. Memahami Laporan Keuangan [Income Statement, Balance Sheet, dan Cash Flows]
  3. Analisa Laporan Keuangan
  4. Financial Forecasting, Planning, and Budgeting.

… to be continued.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: